Full width home advertisement

Best Deals This Month!

Hiking

Post Page Advertisement [Top]

New ReleaseTips Sepeda

Inilah Alasan Kenapa Ban Tubular Banyak Diminati Pebalap Pro!

Ban Tubular Banyak Diminati Pebalap Pro
Team Sky- Winter Training Camp, Source: Skysports
Ban merupakan salah satu bagian dari komponen utama untuk sepeda. Selain memiliki berbagai macam jenis yang berbeda, kategori ban pun terbagi dalam 2 jenis yaitu clincher dan tubular. Perbedaan dari keduanya memberikan keuntungan maupun kekurangan karena memiliki daya tahan yang berbeda. Ya, dari segi harga juga berbeda sih antara clincher dan tubular karena material bahannya pun berbeda. Ban clincher, dapat dikatakan semua jenis sepeda menggunakannya karena sudah menjadi standard untuk dunia persepedaan. Namun, sebaliknya untuk ban tubular akan dijual terpisah karena membutuhkan wheelset khusus tubular juga untuk menggunakan ban ini dan tentunya harga untuk wheelsetnya tidak lah murah.
Continental Gatorskin, Source: Evancycles
Ban tubular memiliki bobot yang lebih ringan secara keseluruhan dibandingkan ban clincher. Hal ini disebabkan pelek tubular tidak memiliki dinding rim, seperti yang dibutuhkan pada ban clincher. Ban tubular cukup praktis digunakan dan memiliki daya tahan yang lebih awet dibandingkan ban clincher. Serta hal paling tepat ban ini sering dipilih oleh para pebalap sepeda pro dikarenakan beratnya yang cukup ringan, biasanya berat satu ban tubular hanya sekitar 300gram saja. Saya ambil contoh Continental Gatorskin diatas ini dapat menahan tekanan sampai dengan 170 PSI, namun disarankan untuk tekanan di kisaran 110-115 PSI.
Baca juga: 
Aerobar 3T Brezza LTD II, Murah!
Continental Gatorskin Tubular
Continental Gatorskin, Source: Amazon
Lantas apa sih benefitnya pakai ban Tubular dan seberapa pentingnya jika kita berkendara menggunakan ban tersebut. Nah, perihal keuntungan pakai ban Tubular, saya akan simpulkan seperti dibawah ini:
Puncture Resistance
Ban jenis tubular ini memiliki daya PSI yang tinggi, bisa dibilang kisaran maksimal 170 PSI. Daya tahan yang lebih kuat dibandingkan ban clincher dan ban lain pada umumnya. Ban tubular pun memiliki perlindungan yang sangat baik dalam bidang datar, namun sedikit agak lemah pada medan berbatuan yang cukup banyak. Ketika kamu berkendara dijalan raya kamu tak akan khawatir dengan kekuatan ban ini dan ketika kamu menemui sedikit kerikil juga tak jadi masalah, kendala akan terjadi jika kamu memiliki medan yang dipenuhi bebatuan keras yang cukup tajam.

Rolling Resistance
Jenis ban ini pun masukdalam kategori yang cukup rendah dalam hal daya rolling resistance. Perlu kamu ketahui bahwa CRR terendah pada tubular membutuhkan adhesi yang tepat anatara rims dan ban. Pemilihan rims dan ban tubular yang tepat akan memberikan kamu sensasi berkendara yang baik. Sementara jika kamu memilih rims dan ukuran ban yang tak sesuai tentunya akan membuat ban tubular akan mudah bergeser kesamping atau pun terlepas dari rimsnya.

Weight (Berat)
Mengenai berat, ban tubular memiliki berat massa yang lebih rendah jika dibandingkan dengan ban clincher. Ban tubular biasanya hanya memiliki berat sekitar 300gram saja dan jika digabung dengan rims carbon satu set bagian depan dan belakang. Beratnya bisa dibilang kurang dari 3kg, sudah termasuk sproket tentunya.

Ride Quality
Nah, ini merupakan salah satu hal utama banyak pebalap pro memilih tubular sebagai pilihan utamanya. Ban tubular memiliki kualitas yang tinggi dan mulus ketika bergesekan dengan aspal, respon yang cepat ketika digunakan pun menjadi daya tarik bagai para pebalap pro. 

Aerodynamics
Jenis ban ini pun memiliki desain yang aerodinamis dan dapat menyalurkan angin lebih baik dibandingkan jenis clincher.

Traction/Rubber Compounds
Ban tubular bisa dikatakan memiliki material terbaik untuk karetnya dan serat yang lebih kuat dibandingkan ban clincher. Beberapa produsen ternama pun sudah menggunakan material karet yang kuat seperti Vittoria, Continental, Hutchinson, dsb.

Durability/Reusability (Daya Tahan)
Daya tahan untuk kedua ban ini sendiri bisa dikatakan hampir sama. Namun, kemudahan untuk penggantian ban bisa kami katakan tubular memimpin disini. Penggantian ban tubular dapat dilakukan dengan cukup cepat selama kamu membawa ban ganti dan lem khusus ban tubular tentunya.

Price/Costs (Harga)
Ban tubular bisa dikatak memiliki harga yang cukup mahal sekitar 300-1jutaan. Hal tersebut tergantung dari material ban, ukuran, daya tahan ban itu sendiri karena setiap ban tubular pun memiliki daya tahan yang berbeda.

Referensi perihal ban tubular pun bisa dilihat pada video dibawah ini.



Tertarik kah, kamu menggunakan ban jenis Tubular???


Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Goodnyght