Full width home advertisement

Best Deals This Month!

Hiking

Post Page Advertisement [Top]

FixedGearNew ReleaseTips Sepeda

Tips Merawat Sepeda Fixed Gear! Nomor 3 Paling Mudah, Lho

Wilier Velodromo 2011 by ankcupu, source: Pedalroom
Hobi bersepeda pastinya mengasikan dan seru banget, apalagi jika kamu bermain bersama teman-teman kamu. Kamu juga bisa bergabung dalam komunitas-komunitas yang ada, seperti sepeda jenis Fixed Gear ini. Sepeda yang dikenal dengan girpatennya ini pun dari tahun 2010 masuk ke Indonesia dan hingga saat ini masih banyak peminatnya. Namun, apakah kamu tahu sepeda fixed gear juga memerlukan perawatan lho sama seperti halnya sepeda MTB, Roadbike, Downhill, Sepeda Lipat, dsb.
Nah, buat kamu yang mulai mengalami masa pensiun dini bermain sepeda pastinya sepeda ini akan digantung begitu saja tetapi ada baiknnya sepeda yang jarang digunakan pun dirawat. Hal tersebut akan berpengaruh kepada usia sepeda itu sendiri dan ketika kamu gunakan. Disini saya akan coba membantu untuk menjelaskan cara merawat sepeda Fixed Gear kamu biar tetap nyaman ketika kamu gunakan sehari-hari, broh!

1. Lepas Semua Aksesoris Sepeda
Wilier Velodromo by ankcupu, source: Pedalroom
Tahapan pertama dalam mencuci sepeda fixed gear yaitu melepas seluruh aksesoris yang berada di handle bar (stang), misal : bel, lampu, spidometer dll. Jika anda menggunakan V brakes lepas kabel penghubungnya dengan menekan kedua sisi calipers. Teknik melepas kabel V brakes ini berlaku juga jika anda menggunakan V brakes di roda belakang. Tahapannya seperti:
  • Pergunakan kunci/alat yang tepat ketika membuka semua aksesoris
  • Pastikan kamu menempatkan aksesoris tersebut ditempat yang aman
  • Jauhkan perlengkapan elektronik yang rentan terkena air dari tempat tersebut karena bisa kemungkinan akan rusak ketika terkena air sewaktu kamu membersihkan sepeda
  • Jika aksesoris susah dilepas atau mengalami karatan, kamu bisa menggunakan WD-40 untuk membukanya. Semprotkan WD-40 kebagian berkarat lalu tunggu sekitar 10 menit kemudian kamu coba membukanya secara perlahan

2. Gantungkan Sepeda Anda/Balikan Sepeda
Untuk menghidari lecet pada sadel dan grips gunakan alas yang tidak terlalu keras atau empuk, misal kita dapat menggunakan matras dengan ketebalan 5 mm. Adapun cara membalik sepeda yang benar adalah Anda berdiri di samping sepeda, kemudian peganglah bagian fork depan dan satu tangan memegang seat pos(dudukan sadel). Selanjutnya, putar secara perlahan hingga sepeda terbalik (kedua roda berada di atas). Jika kamu memiliki alat untuk menggantung sepeda, ada baiknya sepeda tersebut kamu gantung. Dengan cara tersebut kamu lebih mudah untuk melepas parts seperti wheelset maupun crankset.

3. Melepas roda depan dan belakang
Ridley Oval Bikes by BGRFixedFaction Team, Source: Pedalroom
Melepas roda depan dan belakang bisa dibilang menjadi rutinitas yang sering kamu lakukan bukan? Nah, pastikan kamu sudah menyiapkan segala kebutuhannya nih broh. Jangan lupa juga siapkan tenaga jika wheelset kamu bukan yang menggunakan sistem quick release :p
  • Untuk melepas roda depan dan belakang buka pengencang as roda depan dengan membukan klip pengunci jika ada. Jika sepeda Anda tidak menggunakan klip, Anda harus menggunakan kunci pas sesuai dengan ukuran baut pengunci as roda depan. 
  • Untuk melepas roda belakang, lepas pengencang as roda belakang, tarik ke belakang wheelset tersebut secukupnya sehingga roda belakang bisa ditarik ke atas dan terlepas. Pastikan rantai pun sudah terlepas dari wheelset kamu ya.

4. Membersikan sistem penggerak (rantai, gir, pedal, rear sproket)
  • Siapkan sikat dan air bersabun. Mulailah menyikat RD dengan sikat yang telah dibasahi air sabun, untuk membersikan rantai gunakan lap kain yang lembut, basahi lap tersebut dengan air sabun, putar rantai dengan memutar pedal ke depan sehingga rantai berputar. Tempelkan lap pada rantai sepeda sehingga kotoran yang itu menempel pada lap tadi.
  • Lanjutkan dengan membersikan crank (gir depan, lengan pedal dan pedal) dengan sikat yang sudah dibasahi dengan air sabun, sikat secara merata dan teliti sehingga semua bagian penggerak depan terkena air sabun dan kotoran terlepas, kemudian lap dengan lap bersih.
  • Bersihkan pedal dan bagian sisi dalam gir dengan sikat dibasahi air sabun, lanjutkan dengan mengeringkan dengan lap bersih.

5. Membersihkan bagian bawah frame
Bagian bawah frameset pastinya sangat kotor dan sulit dijangkau jika kamu rutin menggunakan sepeda tersebut. Nah, hal baiknya adalah kamu bisa membersihkan sepeda tersebut dengan cara yang efektif. Seperti:
  • Gunakan lap kain dan air sabun. Lap secara merata ke seluruh bagian frame, handle bar (stang depan), bagian top tube (frame atas), dan seatways (frame belakang). Jangan lupa membersihkan kabel pemindah gigi dan penarik rem dengan menggunakan sikat yg halus.

6. Membersikan Sistem Roda
Rear Fixed Gear Eddy Merckx, source: Pedalroom
Gunakan lap kain dan air sabun untuk membersihkan roda depan dan belakang. Jika ada kotoran yang susah di buang, Anda dapat menggunakan cairan pembersih kotoran, misal menggunakan WD-40. Bersihkan kotoran pada as roda, hub, dan keseluruhan roda termasuk jari-jari roda. Jika Anda menggunakan cakram pada roda, sikat dengan teliti di semua bagian cakram.

7. Mengecek Sistem Roda
Pasang kembali roda depan dan belakang, pastikan klip pengenceng roda terpasang denga baik dan dapat mengunci roda dengan sempurna. Mungkin kita sedikit menemui kesulitan untuk memasang kembali roda belakang, tipsnya masukan gir belakang di antara mata rantai dan tekan kebawah sehingga dapat masuk ke dudukan roda belakang dengan sempurna, lakukan dengan hati-hati.

Setelah semua roda terpasang cek putaran roda baik depan dan belakang amati dengan seksama apakah goyang atau tidak, jika goyang kemungkinan besar jari-jari roda perlu di stel ulang. Anda dapat memperbaikinya sendiri dengan menggunakan kunci jari2 roda atau membawanya ke bengkel sepeda.

8. Cek Sistem pengereman
Brakeless and Non Brakeless by BGRFixedFaction x Fixed and Furious, Source: Pedalroom
Rem merupakan salah satu bagian fital dari sepeda. Jika rem tidak dapat berfungsi dengan baik keselamatan Anda menjadi taruhannya. 
  • Untuk mengecek rem roda depan, berdirilah di depan sepedaAnda dan tekan rem roda depan, kemudian tarik sepeda ke depan jika frame dan roda belakang terangkat berarti rem roda depan masih berfungsi dengan baik, jika tidak segera ganti kampas rem depan dengan yang masih bagus.
  • Untuk rem roda, berdirilah di depan sepeda dan tekan rem perlahan, jika roda depan terangkat di antara sela kaki Anda kemungkinan rem masih berfungsi dengan baik, jika tidak segera cek dan ganti kampas rem dengan yang baru.
Kedua tips untuk pengecekan sistem pengereman tersebut dapat diterapkan baik pada rem dengan V brake atau dengan disc brake. Cek semua setelan kabel atau minyak rem jika kamu bukan pengguna brakeless.

*Tips diatas tidak berlaku untuk BRAKELESS :p

9. Pelumas
Bagian-bagian penting sepeda gunung yang harus diberi pelumas adalah bagian rantai, bottom bracket, sistem pengerak roda depan dan belakang, pedal dan lengan pedal.

Gunakan pelumas yang bagus jangan menggunakan oli bekas, gunakan cairan pelumas yang khusus untuk rantai, banyak beredar di pasaran adalah pelumas untuk rantai kendaran roda 2 bermotor.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Goodnyght